Kamis, 25 Februari 2016

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan dan Berbagai Masalah Penyakit

Manfaat Timun - timun atau mentimun ialah salah satu buah yang sudah tidak asing bagi seluruh lapisan masybirat. hal ini mungkin dialasannya adalahkan, timun mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah sekaligus dapat dibudidayakan dipekarangan kita sendiri. hampir sebagian besar jenis timun memiliki bentuk fisik bundar memanjang dengan kulit buah hijau tua, daging yang bewarna hijau muda serta memiliki biji didalamnya. dengan komposisi air yang melimpah, timun sangat cocok dikonsumsi pada siang hari dikala suhu sangat panas. tapi ternyata timun juga memiliki kegunaan luar biasa bagi kesehatan tubuhkamu.

Manfaat Timun

timun atau mentimun sangat akrab dengan banyak sekali jenis makanan yang acapkali kita konsumsi sehari-hari. hampir sebagian besar rumah makan besar, pedagang makanan di pinggir jalan maupun dirumah sendiri selalu ada yang namanya timun. namun tak perlu memiliki rasa bosan terhadap timun itu sendiri. ini dikarenakan, timun di dalamnya terdapat banyak sekali nutrisi yang bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuhkamu. berikut ini 7 kegunaan dahsyat timun bagi kesehatan tubuhkamu :

  1.  penangkal kanker yang sangat baik. ini dikarenakan, timun di dalamnya terdapat lignin yang memiliki fungsi mencegah dari banyak sekali jenis kanker yang mengancam jiwa mirip kanker payudara, ovarium, rahim serta prostat.
  2. pencegah sembelit yang sangat ampuh. komposisi air yang melimpah serta serat dalam mentimun akan membantu menyehatkan organ pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar atau membersihkan sembelit yang mungkinkamu alami.
  3. pengontrol tekanan darah yang lebih baik. komposisi kalium, magnesium serta serat dalam timun ternyata sangat efektif menyembuhkan tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah yang acapkali dialami oleh sebagian orang.
  4. mengurangai kadar kolesterol jahat dalam darah. ini dikarenakan, timun di dalamnya terdapat sebuah senyawa yang bernama sterol yang mana sangat ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuhkamu.
  5. penghilang racun di tubuh secara efektif. komposisi air dalam timun yang hampir 95 persen akan memiliki efek membersihkan racun didalam tubuh melalui urine maupun keringan yang kita keluarkan dalam banyak sekali aktivitas sehari-hari.
  6. obat alami bagi penderita diabetes. ini dikarenakan, timun atau mentimun di dalamnya terdapat sebuah hormon yang berperan nyata mempembuatan insulin pada sel-sel organ pankreas yangkamu miliki.
  7.  meningkatkan sistem kekebalan pada tubuhkamu. komposisi vitamin c dalam timun berperan nyata untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah penyakit maupun terserang banyak sekali penyakit mirip perubahan cuaca dan lain-lain.
mentimun (tak jarang juga disebut ketimun / timun) merupakan buah yang sangat tak jarang dijumpai, terlebih lagi di tempat tropis mirip indonesia. buah ini sangat umum digunakan sebagai pelengkap hidangan makanan, baik sebagai irisan biasa atau telah diolah dengan bahan lainnya.
kegunaan mentimun bagi kesehatan

buah mentimun termasuk buah yang di dalamnya terdapat banyak air, sesampai sangat segar. tidak heran jikalau mentimun tak jarang dimanfaatkan untuk perawatan wajah dengan cara diiris tipis dan diletakkan di wajah dan kelopak mata. di samping itu, masih banyak kegunaan lain mentimun bagi kesehatan.
perawatan kulit

mentimun memiliki sifat diuretik, dengan efek menghilangkan dan mendinginkan, sesampai sangat berkegunaan bagi kulit. komposisi airnya yang tinggi, vitamin a, b dan c, serta beberapa mineral (magnesium, potassium, manganese, dan silika) menjadikan buah ini penting untuk perawatan kulit. masker wajah yang di dalamnya terdapat ekstrak mentimun dimanfaatkan untuk mengencangkan wajah. selain itu, asam askorbat dan asam caffeic yang termampu dalam mentimun mampu menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
fungsi pencernaan
kegunaan mentimun

mentimun memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan

komposisi serat dalam buah mentimun mampu membuang racun dalam sistem pencernaan sesampai mampu meningkatkan kesehatan fungsi pencernaan dalam tubuh. selain itu, memakan buah ini secara kontinyu mampu mencegah banyak sakit yang berkorelasi dengan pencernaan mirip gastritis, maag, perut mulas, sampai konstipasi atau susah buang air besar.
mengontrol tekanan darah

komposisi potasium, magnesium dan fiber (serat) dalam buah timun mampu membantu mengontrol tekanan darah agar tetap dalam level yang istiadatl. faktanya, buah ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.
kesehatan ginjal

mentimun mampu membantu untuk meringankan dilema pada kandung kemih dan juga ginjal. komposisi air yang melimpah pada buah ini akan membantu fungsi ginjal dalam proses urinasi (pembuatan air kemih).
kesehatan persendian dan tulang

buah mentimun di dalamnya terdapat silika yang mampu meningkatkan kesehatan sendi dengan cara mempertangguh jaringan ikat (jaringa penghubung antar sendi), sekaligus memperbaiki kesehatan tulang secara umum.
perawatan kuku dan rambut

buah mentimun memiliki komposisi silika yang cukup tinggi. selain mampu mempertangguh persendian, komposisi silika pada timun mampu mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari tangan dan kaki. silika juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan rambut, mirip pertumbuhan rambut dan juga mempertangguh rambut dari akarnya.
kesehatan gigi dan gusi

kesehatan ekspresi secara umum, termasuk gigi dan gusi, mampu terjaga dengan buah mentimun, terlebih jikalau dikonsumsi dalam bentuk jus. memakan buah mentimun segar (mentah) akan meningkatkan pembuatan saliva serta menetralkan asam dan basa dalam rongga ekspresi.
diabetes

jus mentimun sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, alasannya merupakan komposisi mineral mangan dalam buah mentimun berkhasiat dalam proses sintesa hormon insulin dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar